Kenali Beberapa Kelainan Mata pada Anak-anak

Thursday, February 4th, 2016 - Kesehatan

Beberapa Kelainan Mata pada Anak-anakBacajuga.com kali ini akan berbagi sedikit informasi tentang Beberapa Kelainan Mata pada Anak-anak. Mata yang sehat adalah modal yang sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Namun, indera penglihatan ini tak luput dari kelainan, termasuk pada anak-anak. Kenali apa saja kelainan mata yang bisa dialami si kecil. Sebagian besar bisa dideteksi lewat pemeriksaan mata rutin di usia prasekolah.

Beberapa Kelainan Mata pada Anak-anak

Beberapa Kelainan Mata pada Anak-anak

Kenali Beberapa Kelainan Mata pada Anak-anak

Berikut ada 7 macam kelainan yang bisa saja dialami oleh seorang anak:

1. Amblyopia (mata malas)

Amblyopia atau mata malas merupakan kelainan penglihatan yang sering diderita anak. Kondisi ini sering tak disadari karena mata tampak normal. Kelainan ini sebaiknya diatasi sebelum anak usia sekolah.

Penyebab utama mata malas adalah perbedaan fokus antara salah satu mata yang sangat mencolok. Misalnya satu mata minus tinggi sedang mata lain normal. Jika tidak ditangani kondisi ini akan menyebabkan kelainan penglihatan permanen karena otak lambat laun mengabaikan sinyal dari mata yang mengalami refraksi.

2. Strabismus (juling) – Kenali Beberapa Kelainan Mata pada Anak-anak

Strabismus adalah ketidaksamaan kedua bola mata melihat satu titik yang sama. Jika salah satu mata tampak sangat juling besar kemungkinan amblyopia juga terjadi di sana. Dengan deteksi dini, penglihatan bisa diperbaiki, baik dengan operasi atau kacamata khusus.

3. Penyimpangan bias (refractive errors)

Kondisi ini akan menyebabkan gambar tampak buram. Penyimpangan bias juga bisa memicu amblyopia. Pada anak-anak yang paling sering adalah ketidakmampuan melihat objek yang jauh (myopia).

4. Retinoblastoma

Ini merupakan tumor yang sering muncul pada tiga tahun pertama usia anak. Tumor ini akan menyebabkan kebutaan dan gejala putih di pupil.

5. Infatil katarak

Pada bayi baru lahir bisa juga terjadi katarak yang akan menyebabkan penglihatannya tampak berkabut.

6. Glaukoma kongenital

Kondisi tersebut sangat jarang dan biasanya diturunkan. Glaukoma kongenital terjadi karena perkembangan yang belum sempurna kanal air mata pada janin. Dengan pengobatan dan operasi kelainan tersebut bisa diatasi.

7. Retinopati Prematur

Kelainan penglihatan lain yang membutuhkan penanganan segera adalah retinopati prematur yang dialami bayi yang lahir prematur.

Baca juga:

Demikian Beberapa Kelainan Mata pada Anak-anak yang bisa saja dialami oleh anak-anak di sekitar kita, segera lakukan tindakan yang dapat mangatasi beberapa kelainan mata tersebut. Dan semoga info di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Kenali Beberapa Kelainan Mata pada Anak-anak | Baca Juga | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs