Bagian Bagian Mata dan Fungsinya

Sunday, January 25th, 2015 - Biologi

Bagian Bagian Mata dan Fungsinya – Bagian mata dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian yang melindungi mata dan bagian yang berperan dalam proses penglihatan. Bagian-bagian mata yang berfungsi untuk melindungi mata, yaitu alis mata, bulu mata, kelopak mata, kelenjar air mata, serta otot mata. Sedangkan, bagian bola mata yang erat hubungannya dengan proses penglihatan adalah kornea, lensa mata, iris, retina, dan saraf mata.

Bagian-bagian mata dan fungsinya yang berperan untuk melindungi bagian mata, antara lain sebagai berikut:

  • Alis Mata: Alis mata berfungsi melindungi bola mata dari keringat atau air agar tidak masuk ke dalam mata. Alis mata berupa rambut yang tumbuh pada dahi, di atas bola mata. Tepatnya pada dahi yang menonjol.
  • Rambut Mata: Rambut mata berfungsi melindungi mata dari debu atau benda yang akan masuk ke mata. Rambut mata juga berfungsi mengurangi sinar yang masuk ke mata. Bulu mata terletak di pinggir kelopak mata atas dan bawah.
  • Kelopak Mata: Kelopak mata berfungsi melindungi bola mata dari hal-hal yang membahayakan mata. Kelopak mata yang berkedip berfungsi membersihkan dan membasahi bola mata.
  • Air Mata: Air mata berfungsi sebagai pelumas agar bola mata mudah digerakkan. Kelenjar air mata menghasilkan air mata. Air mata mengandung enzim dan air yang berguna membasahi dan membersihkan kornea agar bersih dari debu dan menjaga mata agar selalu basah.
  • Otot Mata: Otot mata berfungsi mengatur gerakan mata. Mata dapat bergerak ke kanan dan ke kiri, ke atas dan ke bawah.

Kornea Mata: Kornea mata berfungsi melindungi lensa mata dan meneruskan cahaya masuk ke mata. Kornea merupakan pembungkus iris, pupil, dan bilik anterior serta berfungsi untuk membentuk memfokuskan cahaya.

Bagian Bagian Mata dan Fungsinya

Bagian-bagian mata dan Fungsinya yang terkait dengan proses penglihatan adalah sebagai berikut:

  • Lensa Mata: Lensa mata berfungsi untuk membiaskan cahaya yang masuk ke mata sehingga bayangan benda yang dilihat tepat terjadi di retina. Lensa mata dapat menebal dan menipis sesuai dengan jarak benda yang dilihat.
  • Iris: Iris atau selaput pelangi berfungsi untuk mengatur lubang pupil atau untuk mengatur sedikit atau banyaknya cahaya yang masuk ke dalam mata, yang juga dapat menentukan warna mata seseorang.
  • Retina: Retina atau selaput jala berfungsi sebagai tempat terbentuknya bayangan yang kemudian dikirim oleh saraf mata ke otak. Retina terletak di bagian belakang bola mata.
  • Saraf Mata: Saraf mata berfungsi untuk meneruskan pesan benda yang dilihat mata menuju ke otak. Saraf mata terletak di bagian belakang mata agak ke bawah.

Sekian uraian tentang Bagian Bagian Mata dan Fungsinya, semoga bermanfaat.

Kata Kunci :

bagian bagian mata,bagian mata,bagian-bagian mata,gambar bagian mata,pupil mata anak indigo,sebutkan bagian mata yang berhubungan dengan penglihatan,Lensa fungsinya sebagai tempat bola mata,gambar potongan mata lengkap,gambar bagian-bagian bola mata beserta fungsinya,mata beserta fungsinya
Bagian Bagian Mata dan Fungsinya | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs