Alat-Alat Peredaran Darah

Sunday, December 7th, 2014 - Biologi

Alat-Alat Peredaran Darah – Alat peredaran darah terdiri atas jantung dan pembuluh darah.

Jantung

Jantung merupakan pompa berotot. Fungsinya sebagai alat pemompa darah. Jantung terdiri dari otot jantung (miokardium) yang bagian luarnya dilapisi oleh selaput jantung (perikardium) yang terdiri dari 2 lapisan. Di antara kedua lapisan tersebut terdapat cairan getah bening yang berfungsi untuk menahan gesekan. Bagian dalam jantung dilapisi oleh endokardium. Otot jantung mendapatkan zat-zat makanan dan oksigen dari darah melalui arteri koroner. Peristiwa penyumbatan dari arteri koroner disebut koronariasis. Jantung terdiri atas 4 ruangan, yaitu 2 atrium (serambi) dan 2 ventrikel (bilik).

1) Atrium

Atrium merupakan ruangan jantung tempat masuknya darah dari pembuluh balik (vena), antara atrium kanan dan atrium kiri terdapat katup valvula bikuspidalis pada fetus, antara atrium kanan dan kiri terdapat lubang yang disebut foramen ovale menjelang kelahiran, foramen ovale akan menutup.

2) Ventrikel

Ventrikel mempunyai otot lebih tebal daripada atrium, dan ventrikel kiri lebih tebal daripada ventrikel kanan. Ini disebabkan ventrikel berfungsi memompakan darah keluar jantung, antara ventrikel kanan dan kiri terdapat katup valvula trikuspidalis.Cara kerja otot jantung

Sistole dan diastole ini dapat diukur dengan tensimeter (spighnometer). Pada orang dewasa sehat, tekanan sistole dan diastolenya sekitar 120 mmHg dan 80 mmHg yang biasa ditulis 120 mmHg atau 80 mmHg.

b. Pembuluh darah

Darah mengalir keluar dari jantung melalui pembuluh. Darah mengalir masuk ke jantung pun melalui pembuluh. Oleh sebab itu, pada dasarnya terdapat 2 kelompok pembuluh darah, yaitu pembuluh yang aliran darahnya meninggalkan jantung dan yang menuju jantung.

Macam-macam pembuluh darah

Macam-macam pembuluh darah, yaitu:

1) Arteri (pembuluh nadi)

Yaitu pembuluh darah yang membawa darah dari jantung. Pembuluh ini dapat dibedakan menjadi aorta, arteri, dan arteriole. Aorta adalah pembuluh darah yang langsung berhubungan dengan jantung. Aorta bercabang menjadi arteri. Sedangkan arteriole merupakan pembuluh nadi yang berhubungan dengan kapiler.

2) Vena (pembuluh balik)

Yaitu pembuluh darah yang membawa darah ke jantung. Pembuluh ini dapat dibedakan menjadi venule, vena, dan vena cava. Venule merupakan pembuluh balik yang berhubungan dengan kapiler. Vena menerima darah dari venule. Vena cava merupakan pembuluh balik besar yang langsung berhubungan dengan jantung.

3) Pembuluh kapiler

Merupakan pembuluh halus yang menghubungkan arteriole dengan venule. Kapiler merupakan pembuluh halus yang dindingnya hanya setebal selapis sel. Pada pembuluh inilah terjadi pertukaran oksigen dari darah dengan karbon dioksida jaringan.

Dinding pembuluh darah mempunyai 3 lapisan, yaitu:

  • Lapisan terluar, merupakan lapisan tipis dan kuat terdiri atas jaringan kuat.
  • Lapisan tengah, terdiri atas jaringan otot polos. Karena otot polos ini bersifat tidak sadar maka aliran darah dan tekanan darah pada pembuluh darah tidak dapat dirasakan.
  • Lapisan dalam, merupakan lapisan yang membatasi ruangan pembuluh darah.

Walaupun pada prinsipnya antara nadi dan vena mempunyai lapisan yang sama, namun di antara keduanya mempunyai perbedaan yang mencolok, yaitu seperti dalam Tabel berikut.Pembulu Nadi Vena dan Arteri

Kata Kunci :

perbedaan arteri dan vena,tabel perbedaan arteri dan vena,perbedaan pembuluh vena dan arteri,perbedaan arteri vena dan kapiler,tabel perbedaan pembuluh arteri dan vena,tabel perbedaan vena dan arteri,perbedaan pembuluh darah vena dan arteri,perberdaan arteri dan vena,sebutkan perbedaan dari arteri dan vena berdasarkan literatur,skema perbedaan antara vena dan arteri
Alat-Alat Peredaran Darah | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs