Akrobat 6 Pesawat Tempur Buka Upacara Peringatan HUT TNI di Surabaya

Tuesday, October 7th, 2014 - Berita
KOMPAS.com – Penampilan akrobatik enam pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara membuka rangkaian upacara HUT ke-69 Tentara Nasional Indonesia di Pangkalan Komando Armada Timur, Dermaga Ujung, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (7/10/2014) pagi. Pesawat itu merupakan salah satu alat utama sistem pertahanan terbaru yang dimiliki TNI AU.
Enam pesawat yang terdiri atas lima pesawat F-16 Fighting Falcon dan sebuah Sukhoi Su-27 itu sejak awal telah disiagakan di Pangkalan Udara Juanda, Surabaya. Mulanya, lima pesawat F-16 terbang dengan membentuk formasi sejajar. Kelimanya terbang dari arah belakang panggung di mana Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Negara Ani Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono dan istrinya, Herawati Boediono, berada menuju arah Pulau Madura. Saat melintas, kelima pesawat itu terlihat mengeluarkan asap tanda kehormatan kepada para undangan yang hadir dalam kegiatan ini.
Setelah itu, pesawat tersebut membuka formasinya dengan berpencar. Saat Sukhoi beraksi, pesawat asal Rusia itu terlihat berputar 360 derajat sebanyak dua kali. Ketika berputar, pesawat itu terlihat mengeluarkan flair, yang biasa digunakan untuk mengecoh rudal musuh.
Dalam perayaan HUT ke-69 TNI kali ini, ada 205 pesawat terbang beragam jenis yang akan ikut defile. Selain Sukhoi Su-27/30, ada pula Flanker, F5 Tiger, F-16 Fighting Falcon, Hawk 109/209, Emb 314 Super Tucano, C130 Tanker, Helicopter Apache, dan Boeing 737. Selain pesawat, ada juga tank Leopard dan Marder, panser Tarantula, tank Scorpio, meriam 155 Mm Caesar milik TNI AD yang ikut ambil bagian. Ada juga kapal KRI, LVT-7, BVP-2, BMP 3F1 serta RM70 Grad milik TNI AL.
Sumber : http://nasional.kompas.com/read/2014/10/07/09345221/Akrobat.6.Pesawat.Tempur.Buka.Upacara.Peringatan.HUT.TNI.di.Surabaya
Akrobat 6 Pesawat Tempur Buka Upacara Peringatan HUT TNI di Surabaya | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs