Ajarkanlah Konsep Adil sejak Dini kepada Anak

Friday, July 15th, 2016 - Parenting

Ajarkanlah Konsep Adil sejak Dini kepada Anak – Kehadiran anak di dalam keluarga merupakan sebuah anugrah yang diharapkan oleh siapapun pasangan di dunia ini.

Ajarkanlah Konsep Adil sejak Dini kepada Anak

Ajarkanlah Konsep Adil sejak Dini kepada Anak

Kehadiran anak sebagai pelengkap kehidupan berumah tangga menjadi hal yang dinanti-nati oleh banyak pasangan. Meskipun demikian, seorang anak juga merupakan tanggung jaab besar yang diberikan kepada and sebagai orang tua. Kehadiran anak di dalam keluarga merupakan titipan Tuhan yang harus anda jaga, lindungi serta bimbing menjadi manusia yang berguna dan baik di masa depannya nanti.

Dalam prosesnya mendidik anak tidak semudah yang dibayangkan. Harapan-harapan dan doa terbaik yang keluar dari dalam hati anda harus anda bayar dengan berbagai perjuangan keras untuk membuatnya menjadi pribadi yang hebat dan luar biasa di masa yang akan datang. Pola pendidikan yang salah entah disadari atau tidak bisa membuat anak anda terjebak di dalam kegagalan yang sama sekali tidak anda harapkan terjadi pada anak anda tentunya. Oleh karena itu diperlukan pola pendidikan yang sebaik-baiknya untuk mengoptimalkan proses belajar anak bertumbuh dan berkembang hingga bisa menjadi seorang yang sukses dan berperilaku baik.

Lebih jauh mengenai pendidikan anak anda beberapa keluarga tidak arang memiliki anak yang lebih dari satu dan tentunya ini anugrah yang lebih besar lagi. Namun prosesnya ternyata memerlukan perjungan lebih berat lagi. Berbicara mengenai anak yang lebih dari satu, mungkin beberapa dari anda pernah mengalami kecemburuan yang timbul dari anak pertama anda karena pada akhirnya ia harus berbagi dengan adanya kehadiran anak anda yang lainnya yang notabene merupakan adiknya. Terkadang beberapa anak tidak bisa menerima kehadiran adik baru dalam keluarga karena khawatir tidak mendapatkan perhatian yang sama seperti di waktu ia masih menjadi anak satu-satunya.

kasus lain yang sringkali terjadi adalah di mana sang kakak yang diminta untuk mengalah kepada sang adik di dalam banyak hal, seperti berebut mainan, makanan kesukaan dan berbagi banyak lagi hal lainnya. Hal tersebut disadari atau tidak terkadang banyak memicu kecemburuan yangbesar dari si kakak kepada adiknya dan tentunya akan menjadi hal yang buruk jika tidak dituntaskan.

Sikap terus menerus mengalah pada si kakak seharusnya segera anda tangani. Sebagai orang tua peran anda untuk menjadi pribadi yang berusaha untuk adil harus berusaha diasah dan dimunculkan. Sebagai orang tua anda harusnya memberikan pendidikan kepada anak anda agar ia bisa tahu kapan waktunya ia harus mengalah dan kapan ia harus bisa berkeras dengan kemauan dan pendiriannya. Ketika waktunya seorang anak mengalah anda sebaiknya mengajarkan kepada anak anda tersebut dan memberikan pengertian mengapa ia harus mengalah, begitu pun sebaliknya.

Tidak hanya kepada kakak, namun untuk adiknya anda juga sebainya mencoba memberikan pengertian jika tidak semua kemauannya bisa dan harus dipenuhi sbab terkadang kemauaannya tersebut bisa merugikan dan melukai perasaan orng lain termasuk kakanya. Di titik ini anda mencoba mengajarkan kepada anda konsep mengalah dan bertahan pada pendirian dengan didasarkan kepada alasan-alasan logis dan masuk akal sehingga anak anda terbiasa dan bisa tumbuh menjadi anak yang mengerti konsep adil sesuai dengan kebutuhan dan porsinya.

Dengan anak belajar konsep tersebut di dalam rumah bersama dengan orang terdekatnya, maka pola perilakunya ini juga akan dibawanya ke dalam lingkungan permainannya di luar rumah. kepada teman-temannya ia bisa memposisikan diri sebagai anak yang mengerti untuk menghormati orang lain sekaligus mengetahui mana hak yang bisa ia peroleh dan dapatkan. [Bj]

Ajarkanlah Konsep Adil sejak Dini kepada Anak | Baca Juga | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs