Ada yang Baru dari Kamera iPhone 6?

Saturday, September 13th, 2014 - Berita

Duet smartphone terbaru Apple, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, kembali mengusung resolusi kamera 8 megapixel. Angka tersebut tak berubah semenjak iPhone 4 S diperkenalkan tahun 2011 lalu. 

Namun, di samping resolusi yang terlihat sama selama bertahun-tahun itu, Apple sebenarnya telah menerapkan sejumlah peningkatan untuk kamera yang digunakan kedua iPhone. Berikut ini rincian singkatnya, sebagaimana dikutip dari The Verge.

Lebih kencang

Kamera iPhone 6 dan iPhone 6 Plus mempertahankan lensa f/2.2 dan ukuran pixel sensor 1,5 micron yang sama dengan kamera pada iPhone 5S. Tapi sensor “iSight” ini disebutkan merupakan jenis baru yang dibekali teknologi AF bernama “focus pixel”.

Focus pixel sebenarnya adalah teknik fokus on-sensor phase detection seperti yang umum diterapkan pada kamera mirrorless dan beberapa smartphone flagship masa kini dari produsen lain, misalnya Samsung Galaxy S5.


Teknologi ini memungkinkan kamera mengetahui jarak obyek dan ke mana harus menggerakkan lensa untuk melakukan fokus. Alhasil, kecepatan fokus kamera iPhone 6 dan iPhone 6 Plus diklaim dua kali lebih kencang dibanding andalan sebelumnya, iPhone 5S.

Focus pixel juga memungkinkan kedua iPhone melakukan continuous AF, alias mengikuti pergerakan obyek sambil terus mempertahankan fokus.

Lebih stabil

iPhone 6 dibekali digital image stabilization, sedangkan teknologi “anti goyang” pada iPhone 6 Plus lebih canggih karena menerapkan mekanisme penstabil gambar langsung pada rangkaian lensa (optical image stabilization/ OIS).


Teknologi ini sebenarnya bukan barang baru karena telah dipakai oleh sejumlah pabrikan smartphone lain, seperti LG G3. Namun, iPhone 6 Plus merupakan ponsel pintar pertama dari Apple yang dibekali dengan OIS.

Selain dua fitur di atas, Apple juga menambahkan sejumlah kemampuan baru pada kamera milik iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, seperti perekaman video 1080p 30 FPS, berikut slow-motion 240 FPS.

Kamera iPhone terbaru kini juga mempu menjepret foto High Dynamic Range (HDR) dalam satu jepretan. Fitur baru lainnya termasuk mode burst pada kamera depan untuk memudahkan selfie, panorama 43 megapixel, local tone mapping, dan advanced noise reduction.

iPhone 6 dan iPhone 6S turut memboyong flash “true-tone” dari iPhone 5S, dengan LED flash dua warna yang bisa menyeimbangkan temperatur cahaya sekitar dengan keluaran dari lampu flash.

Kualitas tangkapan gambarnya sendiri terlihat cukup meyakinkan dari sejumlah sample foto dan video di situs Apple, namun kamera iPhone 6 dan iPhone 6 Plus masih belum teruji karena kedua perangkat tersebut memang belum tersedia secara meluas.

Ada yang Baru dari Kamera iPhone 6? | Baca Juga | 4.5
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs