9 Hal Jangan Diposting Di Facebook Demi Keamanan

Saturday, January 2nd, 2016 - Berita

9 Hal Jangan Diposting Di Facebook Demi KeamananBacaJuga.com berikut akan sedikit share tentang 9 Hal Jangan Diposting Di Facebook Demi Keamanan. Dimana diketahu bahwa media sosial menjadi tempat yang memudahkan sahabat dalam mengekspresikan perasaan. Saat senang, sedih, mengalami hal lucu hingga melaporkan kegiatan yang sedang atau akan dilakukan pasti pernah sahabat posting di Facebook. Tidak bisa dipungkiri, Facebook pasti masih menjadi tempat yang memudahkan sahabat dalam berekspresi. Tapi ingat, ini 8 hal yang jangan sahabat posting di Facebook!

9 Hal Jangan Diposting Di Facebook Demi Keamanan

9 Hal Jangan Diposting Di Facebook Demi Keamanan

Tidak ada yang salah dengan mengekspresikan diri di Facebook, namun perlu diingat bahwa media sosial bisa memancing hal-hal yang tidak sahabat inginkan terjadi. Maka, membatasi diri dalam membuat posting-an atau mencantumkan informasi di media sosial seperti Facebook sangatlah penting.

1. Mencantumkan alamat rumah – 9 Hal Jangan Diposting Di Facebook Demi Keamanan

Yakin sahabat kenal semua teman Facebook sahabat? Hati-hati, bisa saja ada orang lain yang menggunakan data teman sahabat di Facebook. Jadi, jangan sembarangan mencantumkan alamat lengkap rumah sahabat di Facebook. Menakutkan bukan jika ada orang yang tidak dikenal menyusup ke rumah sahabat? Dan sebaiknya hindari untuk check-in lokasi rumah sahabat.

2. Saat meninggalkan rumah

Sebelum berangkat ke suatu tempat, sahabat mungkin ingin pamer dengan menulis status: “Siap-siap pergi ke Gili Trawangan bareng pacar”. Pasti bikin temanmu iri kan? Ditambah lagi, sahabat check-in pas sampai di lokasi, pasti teman sahabat tambah misah-misuh ngiri!
Meski asyik, tapi hal itu bisa saja memancing seseorang berbuat hal yang tidak sahabat inginkan saat tahu sahabat tidak ada di rumah. Karena belum tentu sahabat kenal semua orang di Facebook sahabat, bukan? Jadi, hati-hati jangan sampai memberitahukan orang lain di Facebook bahwa kondisi tempat tinggalmu kosong.

3. Jangan mencantumkan nomer telepon

Dengan alasan apa memasang nomer telepon sahabat di Facebook? Akan sangat aman jika sahabat tidak pernah mencantumkan nomer telepon sahabat, baik itu di profil atau di posting-an. Karena bisa saja ada sindikat yang mengumpulkan informasi nomer telepon, lalu menggunakannya sebagai sasaran kejahatan cyber atau dijadikan bahan untuk pemasaran. Pasti sangat terganggu juga jika banyak nomer baru yang menghubungi sahabat bukan?

4. Jangan sembarangan curhat

Pernah kesel dengan bos? Atau kesal sama temen? Hati-hati jangan sampe mem-posting-nya di Facebook dengan jelas-jelas menyebutkan nama atau jabatan. Curhatan sahabat di Facebook bisa jadi memberatkan posisi sahabat di kehidupan nyata. Karena bukan tidak mungkin walau pun tidak berteman dengan bos atau teman sahabat, tapi siapa tahu teman sahabat kenal dengan bosmu bukan? Pikir lagi deh kalo mau buat pengakuan di Facebook.

5. Status hubungan sahabat

Apa sih untungnya memberitahukan orang lain di Facebook kalo sahabat berpacaran dengan si A? Lalu setelah putus mengubahnya jadi single di Facebook juga? Selain bisa memancing bahan olokan, dengan mencantumkan status hubungan di Facebook juga beresiko besar terhadap orang berbuat jahat kepada sahabat. Pernah gak terpikir, bisa saja orang yang gak suka sahabat melampiaskan kekesalannya ke pacar sahabat? Jadi, baiknya biarkan kolom status hubungan di Facebook kosong.

6. Tempat dan tanggal lahir lengkap

Siapa yang tidak suka dengan banyak ucapan dan doa di hari ulang tahun? Facebook memudahkan teman-teman sahabat memberikan ucapan dan doa. Tapi, ada risiko yang mengincar sahabat jika mencantumkan tempat dan tanggal lahir di Facebook. Sadar gak bahwa hampir setiap layanan keamanan yang sahabat gunakan menggunakan data tempat dan tanggal lahir? Hati-hati, bisa saja ada yang mengumpulkan informasi tersebut untuk membobol keamanan sahabat. Jadi sebaiknya tanggal lahir tidak perlu dicantumkan dengan lengkap.

7. Foto yang tidak pantas

Sahabat pasti menyadari dampak yang ditimbulkan dari memasang foto yang (pornografi, vulgar, penghinaan) tidak pantas di Facebook. Berkaca dari berbagai kasus, memasang foto yang tidak pantas di Facebook banyak memancing tindakan yang merugikan pengguna. Perlu diingat bahwa foto yang sahabat pasang di Facebook bisa dilihat oleh banyak orang, dan orang lain bisa menyimpan bahkan bisa menyebarkannya.

8. Berbagi password

Di era Internet of Things (IoT), password menjadi barang yang menjadi keharusan untuk dimiliki dalam melindungi data yang dimiliki pengguna. Hati-hati, jangan sampai membagikan password apa pun yang sahabat miliki di Facebook. Bahkan, jangan sampai sekali pun membagikan petunjuk yang mengarah ke password sahabat, meski sahabat yakin bahwa password-mu kuat.

[Baca juga Satu Akun Email dalam Dua Ponsel]

Berbagi password dengan teman atau pacar pun harus sahabat hindari. Karena sahabat tidak pernah tahu kapan mereka berbuat hal yang tidak sahabat inginkan, bukan? Hayooo, apa sahabat berbagi password dengan pasangan sahabat?

9. Bersikap Wajar Demi Keamanan

Facebook memang asyik untuk berekspresi dan berkomunikasi. Tapi hati-hati dalam mencantumkan informasi-informasi sensitif di atas. Bersikaplah wajar dalam mencantumkan apa pun di Facebook, dan pastikan sahabat telah memikirkan apa yang akan sahabat posting tersebut.

Nach itulah sahabat BacaJuga share untuk kali ini, dan lihat juga share lainnya hanya di BacaJuga.com.

9 Hal Jangan Diposting Di Facebook Demi Keamanan | Baca Juga | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs