6 Manfaat Mengajarkan Senang Membaca kepada Anak Anda

Wednesday, July 20th, 2016 - Parenting

6 Manfaat Mengajarkan Senang Membaca kepada Anak Anda – Dengan membaca anda bisa mengetahui dan memaknai berbagai hal yang ingin anda ketahui. Membaca merupakan salahsatu gerbang dan jendela untuk membuka wawasan anda mengenai banyak hal yang ingin anda ketahui. Wawasan yang anda miliki juga tentunya berpengaruh terhadap perkembangan kecerdasan yang anda miliki dan sangat bermanfaat dalam berbagai sendi kehidupan anda.

6 Manfaat Mengajarkan Senang Membaca kepada Anak Anda

6 Manfaat Mengajarkan Senang Membaca kepada Anak Anda

 

Meskipun banyak yang menyadari jika kegiatan membaca memiliki pengaruh yang besar terhadap kecerdasan intelektual yang anda miliki, namun belum sepenuhnya orang-orang dengan sukarela melakukan kegiatan satu ini. Rata-rata orang-orang menganggap jika kegiatan membaca ini sangatlah membosankan, sehingga membuat kesal karena berlama-lama berhadapan dengan huruf dan beragam informasi yang harus anda cerna.

Baca juga : 4 Cara sederhana Memperkenalkan Seni Kepada Anak

Meskipun demikian diakui atau tidak sebagai orang tua anda tetap mengharapkan jika anak anda itu bisa gemar membaca dan memiliki hobi membaca buku. Toh memang karena manfaatnya yang besar anda sebagai orang tua akan sangat senang jika memang anak anda memiliki hobi membaca. Oleh karena itu, jika anda memang benar-benar mengharapkan anak anda untuk memiliki hobi membaca buku, kebiasaan itu sebaiknya ditanamkan sejak dini, sebab memang tidak ada istilah terlalu dini atau terlalu tua untuk memulai kebiasaan baik ini.

Kesalahan yang mungkin banayk terjadi adalah kebanyakan orang tua sendiri, mengajarkan anak untuk membaca karena lebih fokus kepada keinginan mereka agar anak mereka terlihat hebat dan pandai di mata teman-temannya yang lain, padahal lebih jauh dari itu ada yang lebih penting dari sekedar memaksa anak anda dengan keras agar mampu membaca, yakni menumbuhkembangkan minat membaca, sebab tidak semua orang memiliki minat dan ketertarikan yang sama untuk membaca. Selain dengan itu masih banyak pula yang hanya menyerahkan pola pendidikan anaknya temasuk membaca ini kepada sekolah.

Berikut ini ada beberapa manfaat besar membaca yang harus anda sadari sebagai orang tua, untuk kemudian anda membantu anak anda menumbuhkembangkan minat bacanya sehingga lebih optimal.

#1. Ajang Melatih Konsentrasi Anak

Konsentrasi dan fokus menjadi hal penting di dalam kehidupan kita, dengan konsentrasi dan fokus yang tinggi tentunya akan berpengaruh dalam banyak segi di kehidupannya, di mana orang akan bisa lebih optimal dalam menyelesaikan pekerjaanya baik dalam segi waktu maupun tenaga. Membaca mampu membantu anak anda melatih berkonsentrasi dengan baik, apalagi jika anda melakukanya sejak dini. Dalam membaca anak akan mengembangkan kemampuannya dalam mencerna setiap informasi yang ia anggap penting, kemampuan ini disebut sebagai Selective Attention. Dengan rajin membaca maka keefektifan seseorang dalam mencerna informasi dari teks yang ia baca akan lebih baik tentunya.

#2. Membaca Jendela Dunia

Bosan menengar ungkapan membaca merupakan jendela dunia? Meskipun klise, namun kenyataannya memang demikian. Hal ini sebenarnya secara sadar diketahui oleh setiap orang, yakni bahwa sebenarnya setiap bahan bacaaan atau teks yang kita baca menyimpan informasi yang bisa kita cerna dan ambil manfaatnya. Cakrawala pengetahuan yang anda miliki akan berkmebang dengan baik. Jika anda mengerti konsep ini, maka bayangkan jika anak anda yang masih kecil dengan rasa ingin tahu yang begitu besar kemudian disodori bacaaan yang mampu menjawab pertanyaan dengan baik, bagaimana senangnya perasaannya. Dengan semakin luasnya pengetahuan yang dimilikinya tentunya akan sangat teramat berpengaruh juga terhadap perkembangan intelektualnya secara umum.

#3. Membaca Erat Hubungannya Dengan Kemampuan Berbahasa

Ingin anak anda memiliki kemampuan dan kecakapan berbahasa yang baik, maka silahkan biasakan dan tanamkan kebiasaan membaca sedari dini. Tahapan perkembangan berbahasa yang akan dilalui oleh anak anda tentunya akan sangat terbantu prosesnya sehingga lebih optimal. Dari berbagai tek yang ia baca dan serap informasinya, tentunya ia akan banyak sekali bersinggungan dengan kosakata baru. Dalam prosesnya penemuan kosakata baru tersebut pun akan membautnya mencari makna yang terkandung dalam kosakata yang ia temukan, selanjutnya ia akan menguasai perbendaharaan kata yang baik jika dibandingkan dengan teman-temannya yang samasekali tidak diarahkan untuk membaca, sebab secara teori logisnya anak yang tidak membaca tentunya tidak akana menemukan kosakata baru yang bisa menambah perbendaharaan kosakatanya.

Baca Juga : Ajarkanlah Konsep Adil sejak Dini kepada Anak

#4. Memancing Imajinasi Kreatif Anak Anda

Menginginkan anak kreatif dan cerdas dalam menemukan solusi cerdas? Silahkan ajak dan biasakan anak anda membaca. Jenis bacaan yang bisa anak anda baca itu beragam bentuknya. Beberapa di antaranya ada yang mampu membangkitkan sisi kreatifitas anak dan membentuk imajinasinya hingga berkembang dengan sangat baik. Membaca juga bisa mengembangkan rasa ingin tahu anak anda ke level yang lebih tinggi. Sehingga silahkan ajak anak anda membaca!

#5. Membantu Anak Berfikir Logis

Informasi yang didapatkan anak anda melalui sebuah cerita bisa membantu anak anda berfikir dengan lebih logis. Sebuah bahan bacaan atau teks yang dibaca biasanya mengandung sebab-akibat, kemudian terdapat bagian-bagian yang memancing anak anda untuk bermain logika dan nalar, namun di beberapa bagian mengajak anak untuk masuk ke ranah berfikir yang abstrak. Dari hal-hal tersebut anak anda bisa mengembangkan fikiran logisnya sendiri, kemampuannya dalam menarik kesimpulan dari berbagai poin dan sudut pandangnya atas bahan teks dan informasi yang sudah ia baca sebelumnya.

#6. Membantu Membentuk Karakter

Membaca juga ternyata mampu membantu membentuk karakter dari seorang manusia, apalagi seorang anak. Jika kini banyak yang bisa membaca karakter seseorang dengan hanya melihat bacaan yang orang tersebut sedang baca, maka memang demikianlah adanya. Oleh karena itu silahkan ajak anda untuk membaca berbagai jenis literatur yang mengandung nilai-nilai kebaikanm, sehingga ia bisa mengambilnya dan menerapkannya ke dalam kehidupannya. Contohnya, jika anda sebagai orang tua ingin menanamkan sifat cinta lingkungan, maka memperkenalkannya dengan bahan-bahan bacaan sederhana mengenai cinta lingungan dan berbagai hal lain terkait dengan tema lingkungan bisa menjadi salahsatu alternatif yang anda lakukan. Tentunya penting juga menentukan bacaan yang pas untuk anak anda, sehingga jangan sampai informasi yang ada di dalamnya membingungkannya. Silahkan anda pilihkan literatur atau bahan bacaan yang sesuai dengan usianya, namun tetap memiliki pesan dan isi yang sama, hanya saja teknik penyampaiannya yang disesuaikan. Buku dan kegiatan membaca menjadi media yang terhitung cukup pas dan bisa mempermudah anda dalam memberikan penjelasan kepada anak-anak anda.

Baca juga : Jangan Marahi Anak di Depan Umum, Ketahui 3 Dampak Buruknya

Bagaimana? Sudah terbukakah cakrawala anda mengenai manfaat dari membaca yang sebaiknya diberikan sejak dini ini? Jika anda sudah mengerti mengapa tidak segera membudayakan kegiatan membaca ini bahkan dari sejak dini untuk mencerdaskan anak anda. Budaya membaca sejak dini bisa membantu anak anda untuk mampu memiliki kebiasaan membaca yang baik di masa yang akan datang. Dengan sejuta manfaat yang didapat dari membaca tentunya kegiatan ini juga patut menjadi kebiasaan baik yang anda ajarkan dan contohkan kepada anak anda.[bj]

6 Manfaat Mengajarkan Senang Membaca kepada Anak Anda | Baca Juga | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs