4 Kegiatan ini Mampu Optimalkan Bakat Anak sejak Dini

Wednesday, July 13th, 2016 - Parenting

4 Kegiatan ini Mampu Optimalkan Bakat Anak sejak Dini – Setiap manusia memiliki potensi yang besar untuk berkembang dikemudian hari dengan apa yang disebut sebagai bakat.

Meskipun bakat bukanlah salahsatu elemen yang menentukan bahwa seseorang akan sukses di masa depan, namun dengan mengetahui bakat yang dimilikinya seseorang bisa mengoptimalkan dan memanfaatkan bakat yang dimilikinya untuk bisa sukses di masa depannya nanti. Oleh karena itu ada baiknya anda sebagai orang tua mencoba membantu anak anda untuk mengetahui potensi bakat yang dimilikinya sejak awal, sehinggba bisa membantunya mengembangkan bakat tersebut secara lebih optimal. Selain itu dengan pengenalan bakat lebih dini anak anda jadi memiliki banyak waktu untuk mengembangkan bakatnya tersebut dengan lebih terarah.

4 Kegiatan ini Mampu Optimalkan Bakat Anak sejak Dini

4 Kegiatan ini Mampu Optimalkan Bakat Anak sejak Dini

 

Bebicara mengenai bakat, banyak sekali pertanyaan yang datang dari orang tua mengenai bagaimana cara mengetahui bakat yang dimiliki oleh anak-anaknya. Banyak sekali kebingungan yang terjadi dalam menemukan apa sebenarnya bakat yang dimiliki oleh anak, karena memang tidak ada alat ukur khusus yang mampu menentukan apa sebenarnya bakat yang dimiliki oleh anak anda.

Menemukan bakat anak memang terkadang bukan menjdi suatu hal yang mudah, menurut beberpa ahli pun demikian. ketiadaan alat ukur yang tepat membuat menemukan apa sebenarnya bakat yang dimiliki anak ini menjadi tantangan tersendiri yang harus anda cermati sebagai orang tua. Cara yang mungkin paling sederhana untuk dilakukan ialah dengan melihat reaksi orang atas aksi yang dilakukan anak anda secara teratur. Contohnya, jika anak anda seringkali bernyanyi, kemudian banyak orang yang memeberikan penghargaan dan memberikan validasi jika anak anda mampu mengenal nada, memiliki suara yang bagu dan lain-lain, itu bisa anda jadikan pijakan menentukan jika ia memiliki bakat dalam bidang menyanyi dan tarik suara.

Berbicara lebih lanjut mengenai proses pengenalan bakat pada diri anak anda, berikut ini ada 4 langkah yang cukup sederhana untuk mengetahui bakat apa yang dimiliki oleh anak anda. Simak di bawah ini!

#1. Pancing Ketertarikan Anak

Bakat juga biasanya bisa dilihat dari ketertarikan anak anda terhadap suatu hal, oleh karena itu anda sebagai orang tua akan lebih baik jika melihat bakat anak anda dengan memancing ketertarkan anak anda terhadap sebuah hal dibandingkan hanya dengan menyuruhnya berbuat atau melakukan sesuatu. Berikan anak anda penjelasan singkat mengenai hal yang anda sarankan kepadanya untuk dilakukan. Selain itu anda bisa mengarahkan anak anda tersebut untuk melakukan 16 aktivitas majemuk yang bisa anda lakukan untuk mengenal bakatnya. Adapun 16 aktivitas tersebut antara lain adalah memahami rute, menggambar gaya bebas, refleksi pengalaman, mengorganisasi jadwal sehari-hari, bernyanyi, bermain instrumen musik, membaca buku, berkenalan dengan teman yang baru, berkebun, membuat buku koleksi, memperbaiki barang, melakukan olahraga, menyusun puzzle, membuat grafik sederhana, becerita dan bermain ABC 5 dasar.

#2. Memberikan Kesempatan Anak Untuk Beraktivitas

Orang tua memang memiliki kepentingan utnuk melindungi anaknya dan menjaganya dari berbagai macam kemungkinan ancaman yang bisa saja datang, namun bukan berarti anda membatasi kegiatan dan aktivitasnya sehari-hari. Ada begitu banyak hal yang bisa anak anda dapatkan ketika ia melakukan aktivitas di luar rumah atau ketika sedang bersama dengn temannya. Di saat itu anak anda bisa menemukan hal-hal yang ia sukai serta hal-hal yang tanpa ia sadari bisa dilakukannya dengan mudah dan berhasil memukau orang lain denganusaha yang tidak terlalu besar/effortless.

Jika anda termasuk ke dalam orang tua yang seringkali membatasi anak karena perasaan khawatir semata sebaiknya lebih membuka diri dan mengizinkan anak anda untuk mengembangkan dirinya sesuai dengan potensi alami yang akan muncul secara alami juga. Hilangkan kebiasaan pada diri anda yang seringkali mendikte anak anda untuk melakukan hal-hal yang anda anggap itu merupakan bakatnya, padahal di sisi lain mungkin anak anda merasa jika hal tersbut sma sekali tidak iasukai dan ia kuasai dengan begitu baik.

#3. Cermati Perilaku Seru yang Dimunculkan Anak Anda

Sebagai orang tua anda harunya memiliki kepekaan lebih terhadap berbagai perilaku yang ditunjukan oleh anak anda. Dengan melihat perilaku yang ditunjukan anak anda terdapat begitu banyak petunjuk untuk mengenali bakat yang dimiliki anak anda. Perilaku seru sendiri merupakan sebuah perilaku ayng ditunjukan oleh anak yanda yang menujukan jika ia terlihat sangat nyaman dan menikamti apa yang ia lakukan. Perilaku seru sendiri akhirnya bisa anda gunakan sebagai 1 dari sekian banyak hal yang anda anggap sebagai ciri-ciri anak anda berbakat akan suatu hal.

Bagi anda yang belum mengetahui apa saja ciri perilaku seru yang dimunculkan anak, maka ciri perilaku seru itu sendiri ada, perasaan asik, anak cepat belajar akan hal yang ia sedang lakukan, kepauasan, serta hasrat ingin mengulangi lagi kegiatan yang ia lakukan sebelumnya.

Dengan menjalankan bakat yang dimiliki biasanya seseorang akan lebih tertarik menjalaninya dibandingkan dengan melakukan hal-hal di luar bakatnya. Jika dilihat secara logika, maka hal tersebut sangat mungkin terjadi, karena biasanya jika ia melakukan sesuatu yang sesuai dengan bakatnya, ia akan melakukannya dengan begitu mudah dan gampang sehingga ia merasa nyaman dan ketagihan untuk mengulangi melakukan kegiatan yang sama. Contohnya ketika ia berbakat daam bidang menggambar, maka secara tidak langsung ia akan sangat mudah menjalankan proses menggambar, lebih dari itu hasilnya pun banyak disukai orang, sehingga ia merasa jika karyanya dihargai dan ia sendiri mudah dalam melakukan kegiatan tersebut. Ke depannya ia akan terus mencoba bereksplorasi dengan hal tersebut sehingga ia akan semakin tenggelam dan asyik dalam hal yang ia sukai tersebut.

#4. Nilai dan Refleksikan Penilaian Perilaku Anak Anda

Dengan mengamati pola perilaku seru anak, pastilah kemudian anda mengenali kegiatan apa yang selama ini dilakukan oleh anak anda dan apakah sudah memenuhi ciri-ciri perilaku seru itu sendiri? Jika anda sudah yakin maka mulailah untuk kemudian mengklasifikasikannya, termasuk ke dalam kecerdasan manakah bakat yang dimiliki oleh anak anda.

Setelah itu barulah anda bisa mengkomunikasikan hasil penilaian yang anda lakukan dengan melihat perilaku seru tersebut kepada anak anda, sebab anak anda juga harusnya mengetahui pandangan orang tua mengenai apa yang disukainya. Dengan berkomunikasi dengan anak seperti ini anda juga bisa menggali bagaimana komentar serta pandangan anak anda mengenai bakat tersebut.

Demikianlah langkah-langkah yang sebenarnya terlihat dan terdengar sederhana untuk dilakukan oleh anda dalam usaha menemuakn bakat apa yang sebenarnya dimiliki oleh anak anda. Melalui langkah ini juga anda bisa mengenali bakat anak anda dan membantu memfasilitasi anak anda mengembangkan bakat yang dimilikinya tersebut, sehingga di masa yang akan datang anak anda bisa berkembang dengan baik dan diharapkan bisa menjadi orang yang sukses dengan memanfaatkan dan mengoptimalkan bakat yang dimilikinya tersebut.

4 Kegiatan ini Mampu Optimalkan Bakat Anak sejak Dini | Baca Juga | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status blogging tips Top world_business blogs Literature Blogs